Inovasi Kelompok Tani Karya Bhakti 1

Malang –  Salah satu kelompok tani yang menjadi UMKM dampingan Bank Indonesia KPw Malang ialah kelompok tani Karya Bhakti 1 yang bertempat di desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Sempat menjadi juara 2 di salah satu ajang perlombaan kelompok tani nasional, yang membuat kelompok tani ini semakin terpicu untuk meningkatkan produktifitasnya. Tidak hanya meningkatakan produktivitas bawang merah, namun saat ini mulai merambah ke produk olahan bawang, seperti bawang goreng, kripik bawang, pasta dan produk olahan bawang lainnya. Menurut Deni, ketua kelompok tani Karya Bhakti 1, pengembangan ke produk hasil pertanian, dalam hal ini produk olahan bawang merah merupakan salah satu cara untuk menjaga stabilitas ekonomi masyarakat desa saat harga bawang anjlok.

Aktivitas produksi bawang merah tersebut tidak hanya dilakukan oleh anggota kelompok tani, dibantu kelompok wanita tani (KWT) dengan memberdayakan ibu-ibu desa setempat. Selain memproduksi kripik lempeng dengan bahan baku singkon. Kripik lempeng singkong ini merupakan produk khas dusun Pakan, desa Purworejo kecamatan Ngantang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top